EDITORIAL///

Liputan6.com Bagi Anda yang belum tahu, busi berfungsi mengubah tegangan lisrik, yang disalurkan oleh koil dan menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Dengan fungsinya yang cukup penting ini, tapi masih banyak pemilik motor yang masih mengabaikan perawatan busi. Padahal, komponen ini bisa saja bermasalah dan pastinya memengaruhi kinerja performa kuda besi kesayangan.

 

Melansir laman Federal Oil, jika busi mengalami masalah atau kotor maka kendaraan tidak bisa digunakan karena pengapian yang dihasilkan tidak sempurna. Merawat atau membersihkan busi tidak bisa sembarangan ada cara dan prosesdur yang harus diikuti supaya busi tidak cepat rusak.

Mengutip dari situs resmi NGK Busi Indonesia, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano tidak menyarankan membersihkan busi memakai sikat kawat.

“Jangan menggunakan sikat kawat, karena dapat merusak komponen elektroda di dalamnya. Lebih baik gunakan sikat gigi,” katanya.

 Bersihkan busi

Lalu bagaimana dan menggunakan apa untuk membersihkan busi yang benar ?

Diko menyarankan, jika busi sudah sangat kotor dan ada banyak tumpukan karbon, sebaiknya diganti baru.

Apabila busi yang digunakan menggunakan bahan logam seperti iridium, maka bagian yang rusak terlebih dahulu bukan di bagian tengah melainkan pada kepala yang berbentul L.

"Iridium itu dipakai di tengahnya. Jadi, nanti bagian kepala L yang kalah," pungkasnya.

Sumber: https://www.liputan6.com/ramadan/read/4548932/bersihkan-sendiri-busi-motor-tak-sesulit-yang-dibayangkan-begini-caranya

 

 

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2021 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.