EDITORIAL///

RIDER sejati jangan cuma tahu mesin motor hidup terus langsung gas. Kamu harus mengetahui permasalahan-permasalahan yang bisa ada pada kendaraanmu. Misalnya seperti busi motor. Banyak pengendara motor tidak terlalu mempedulikan bagian motor ini.

Menurut laman KABAROTO, ada kalanya kamu sebagai pengendara motor harus memperhatikan kondisi busi. Jika busi motor sehat, performa motor akan selalu prima dan bisa diandalkan. Nah, apa saja sih masalah yang biasanya terjadi pada busi motor?

Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano mengatakan ada dua cara melihat busi bermasalah. Caranya dengan melihat fisik dan dengan cara feeling drive kendaraan.

"Melihat fisik busi dibagi lagi jadi tiga hal yakni carbon fouling (kerak), merah bata (overheat) dan cacat," terang Diko kepada KabarOto. Biasanya carbon fouling adalah kerak hitam di bagian ujung elektroda dan di bagian insulator.

"Bila off Material bagian logam kayak terkelupas warna merah bata, itu biasanya karena faktor over heating," terang Diko.

 

Busi retak bisa basah atau kering.(Foto: Unsplash/Arrul lin)

 

Menurut dia, busi bisa berkerak karena beberapa faktor. Misalnya seperti campuran bahan bakar terlalu banyak. "Faktor lain masalah kebocoran tetesan oli, jadi ada kerak," tambah dia. Keretakan busi juga bisa terjadi dalam kondisi basah maupun kering.

Sumber : https://merahputih.com/post/read/busi-motor-apa-saja-sih-masalahmu

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2021 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.