EDITORIAL///

NGK Indonesia coba menjawab kebutuhan para pemilik mobil Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Mereka menganggap banderol busi bawaan kurang ramah kantong.
 
Untuk itu perusahaan asal Jepang ini merilis busi NGK baru dengan kode LKAR6AGP. Pabrikan mengklaim bahwa busi tersebut punya harga lebih rendah di pasaran.
 
New Daihatsu Xenia 1.5
Tampilan kap mesin New Daihatsu Xenia 1.5. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Lebih murah bukan berarti tak berkualitas. Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octaviano menerangkan, busi yang belum lama diluncurkannya itu punya sejumlah keunggulan.
 
Salah satunya berupa titik pengapian yang terfokus, membuat pembakaran lebih cepat, juga menghasilkan emisi gas buang renda. "Karena sistem pembersihan busi secara otomatis sehingga tidak terjadi carbon fouling," jelas Diko dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Sabtu (30/5).
 
Busi NGK LKAR6AGP
Busi NGK LKAR6AGP. Foto: dok. NGK Indonesia
Carbon fouling sendiri merupakan istilah penumpukan karbon pada bagian elektroda busi. Jika ujung elektroda terdapat kerak karbon, maka pengapian jadi kurang optimal.
 
 
Selebihnya, kelebihan busi NGK LKAR6AGP meliputi:
 
1. Menggunakan bahan platinum yang memiliki tingkat leleh tinggi dan konduktivitas listrik yang baik sebagai bahan dasar elektroda
 
2. Ketebalan elektroda hanya 0,6 mm yang memungkinkan lebih banyak campuran bahan bakar dan udara untuk menciptakan percikan dengan hasil ledakan energi yang lebih tinggi
 
3. Ujung elektroda berbentuk trapesium
 
4. Pembakaran lebih cepat terjadi di bagian inti api
 
5. Mampu mengurangi efek quenching atau hambatan pertumbuhan inti api yang biasanya terjadi pada busi kendaraan bermotor lainnya.
 
Ilustrasi membuka busi mobil
Ilustrasi membuka busi mobil Foto: dok Istimewa
Senior Manager Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia, Jimmy Tjan menambahkan, busi tersebut dirancang khusus untuk mesin dengan kode NR buatan Daihatsu dan Toyota.
 
Mesin-mesin NR diketahui berkapasitas 1.200 sampai 1.500 cc. Ini berarti model yang bisa gunakan busi ini tak cuma Avanza dan Xenia, bisa juga dipakai di mobil seperti Yaris, Rush, Vios, Sienta, Agya, Ayla, Ayla, Terios, maupun Sigra.
 
Mesin Daihatsu Ayla 2020
Mesin Daihatsu Ayla 2020 Foto: Astra Daihatsu Motor
"Busi khusus NR engine tersebut adalah sebagai jawaban dari PT NGK Busi Indonesia, atas banyaknya permintaan para pengguna setia busi NGK yang merasa dana penggantian busi mobil-mobil dengan mesin tipe NR terbilang cukup besar, katanya.
 
 
Jelas Jimmy, busi NGK LKAR6AGP dijual dengan harga Rp 45 ribu. "Lebih rendah dibandingkan dengan busi OEM Toyota dan Daihatsu untuk mesin tipe NR di kisaran Rp 90 ribu," tambahnya.
 
Artinya bila waktunya diganti, busi ini menjadi alternatif supaya kantong tak terkuras. Jika butuh empat buah, tinggal siapkan dana sekitar Rp 180 untuk penggantian busi.
 

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2020 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.