EDITORIAL///

Modcom, Jakarta - Sistem pengapian memiliki peranan penting dalam proses pembakaran dalam ruang bakar. Sistem pengapian yang semakin baik maka pembakaran dalam ruang bakar akan semakin sempurna, sehingga kemungkinan adanya campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar akan semakin kecil.

Dalam sistem pengapian, busi memegang peranan penting. Busi berfungsi untuk memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara/bahan bakar. Selain itu, desain busi juga berpengaruh agar percikan bunga api yang dihasilkan semakin sempurna.

Namun, tidak hanya dari segi desain saja, teknologi yang ada dalam sebuah busi juga memiliki peran penting. Seperti teknologi Self Cleaning atau dapat membersihkan dirinya sendiri yang terdapat pada busi NGK.

Lantas, bagaimana busi bisa melakukan self cleaning dan tetap terjaga kemampuannya. Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia menjelaskan, pada prinsipnya, busi itu memiliki sifat self-cleaning atau dapat membersihkan dirinya sendiri. "Namun kembali lagi, teknologi tersebut bisa bekerja maksimal asal ruang bakar dalam keadaan baik dan pada saat mesin bekerja pada suhu temperatur yang optimal," kata Diko saat kegiatan Coaching Clinic di Pabrik NGK, Jakarta Timur (24/11).

"Selain itu, busi dapat membersihkan dirinya sendiri dari tumpukan karbon saat mesin telah mencapai suhu 500 °C hingga 800 °C dan mendapat beban alias motor atau mobil melaju di kecepatan 60 – 100 km/jam selama 10-15 menit. Dengan begitu suhu mesin dan busi tinggi, dan kerak karbon rontok dengan sendirinya (self cleaning)," terang Diko.

Sementara untuk busi NGK Iridium IX yang menggunakan teknologi Thermo Edge Design juga mampu melakukan self cleaning bahkan lebih baik dari pada busi standar. Teknologi tersebut telah dipantenkan oleh NGK yang berfungsi untuk membersihkan karbon ketika terjadi percikan.

"Saat busi digunakan pasti ada penumpukan kerak di ujung busi. Nah, dengan teknologi Thermo Edge Design inilah saat ada aliran listrik masuk dari koil, kerak yang menumpuk tersebut akan terurai. Otomatis busi akan kembali bersih saat aktif digunakan," tambah Diko.

Sementara ada 3 elemen penting dalam menentukan pembakaran yang sempurna dan efisien diantaranya, pencampuran bahan bakar dengan udara yang ideal (Good air fuel mixture), Timing kerja busi dalam menghasilkankualitas "percikan listrik" (Good Spark) dan ruang bakar sehat (Good Compressio).

 

Sumber : http://www.modifikasi.com/showthread.php/657712-Busi-NGK-Dapat-Membersihkan-Dirinya-Sendiri-Asal?p=2061870984#post2061870984

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2019 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.