EDITORIAL///

KabarOto.com - Busi motor berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, kemudian menjadi percikan api. Api tersebut membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Jika busi terendam air, maka mesin motor akan mati. Ini yang mesti diwaspadai saat memasuki musim hujan. Lalu bagaimana jika terpaksa harus melintasi jalan yang banjir, karena harus beraktivitas?

Bus motor harus selalu tetap kering, agar tidak konslete

 

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, yang terpenting si busi aman dari cipratan. "Pastikan sil tutup busi atau cangklong tidak ada kebocoran seperti sobek," terangnya kepada KabarOto.com.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah karet busi yang ada di cangklong itu tidak sobek atau getas. "Jangan sampai karet itu seperti robek atau getas, nanti air akan membasahi busi," terang dia lagi.

Jikalaupun misalkan harus menerjang banjir, setelah melewatinya berhenti sejenak, pastikan busi kering terlebih dahulu, baru setelah itu dipasang lagi. "Buka dulu busi itu, pastikan kering, kalau basah di lap dulu, setelah itu baru pasang lagi," tambah Diko.

Dia menyarankan agar jangan jalan jika busi basah. "Jangan maksa jalan kalau busi basah," tegasnya. Karena, busi seringkali mengalami mati total, akibat konslet terkena air. "Sering banget itu, kalau dipaksain lewat air, terus tidak dibersihkan dulu busi mati. ya konslet," papar Diko lagi.

Sumber : https://kabaroto.com/post/read/ini-akibatnya-jika-busi-motor-dibiarkan-basah

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2021 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.