EDITORIAL///

Banyak beredar busi palsu, merek NGK memberi penjelasan untuk membedakan yang asli dan busi palsu. [Foto: Dony]

 

JawaPos.com - Waspada bagi pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat, pasalnya sedang marak dipasaran keberadaan busi palsu.

Merek busi NGK terkait hal tersebut, dalam memastikan produk yang digunakan para konsumen bisa memberikan performa maksimal pada kendaraan, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah busi asli atau palsu.

Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, membeberkan informasi kepada awak media agar konsumen tidak tertipu dengan barang yang abal-abal.

Menurut Diko, hal ini harus diperhatikan karena sudah banyak beredar busi palsu yang mendompleng atau menggunakan merek asal Jepang tersebut [merek NGK].

Cara mengetahui busi NGK asli atau tidak, ada lima cara yang harus diperhatikan oleh calon konsumen. Sebenarnya pengecekan hal tersebut tidaklah rumit, karena bisa dilihat dengan mata telanjang dan tidak perlu alat khusus.

“Pertama, perhatikan marking atau tulisan NGK pada barang yang palsu itu agak pudar. Bahkan saat ini busi yang palsu juga dibekali load number, tapi mereka membuatnya dengan ukiran yang kasar, tidak seperti yang original,” ungkap Diko beberapa waktu lalu (24/1).

Selain dua hal di atas, ada beberapa pengecekan berikutnya agar mengetahui busi NGK asli atau bukan namun ini ada pada bagian dalam busi. Walaupun yang palsu kini dibekali dengan load number, namun ada ciri khas tertentu yang bisa diperhatikan oleh konsumen.

“Saat ini yang palsu juga ada load number, akan tetapi kalau yang asli itu ada kombinasi huruf dengan angka. Tidak seperti yang palsu, hanya ada huruf di depan, dan sisanya angka semua,” tambahnya.

Selain itu yang perlu dicek busi NGK asli atau palsu adalah gasket yang ada pada bagian businya. Bila membeli komponen ini namun ring tersebut diberikan terpisah, tidak langsung terpasang pada bagian utama, maka bisa dipastikan itu adalah barang palsu.

“Ini sering terjadi pada pemilik motor Vespa 2 Tak. Biasanya mereka membeli dengan kondisi ring yang dipisah, dan itu sudah jelas bahwa barang palsu,” ujar Diko menambahkan.

Lalu langkah terakhir yang bisa membedakan apakah busi NGK asli atau bukan, bisa dilihat dari bentuk ground electrode. Karena pada produk bawaan pabrik secara resmi memiliki welding yang rapih, dan tidak overlap dari insulator.

Namun sebaliknya, untuk busi palsu bisa dipastikan antara proses welding tidak bagus dan ground electrode ini kerap overlap dari insulator. Maka sebaiknya berhati hati saat membeli busi, jangan tergiur dengan harga murah.

Sumber : https://www.jawapos.com/otomotif/014039684/wapada-banyak-beredar-busi-palsu-begini-cara-membedakannya

 
NEXT STORIES///

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Privacy Policy

Copyright © 2024 PT. Niterra Mobility Indonesia. All rights reserved.
Privacy Policy