TIPS///

Busi motor merupakan salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting, sehingga Anda harus merawatnya dengan baik

Autoride- Busi motor yang tidak dirawat dengan baik maka bisa saja rusak, seperti berwarna hitam dan basah. Lantas apa saja penyebab busi motor yang menghitam tersebut? Yuk cari tahu lewat artikel berikut ini.

Penyebab Busi Motor Basah dan Hitam yang Perlu Diketahui

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan busi hitam, bagian dan fungsinya selanjutnya adalah mengenai penyebab busi motor hitam dan basah. Ada beberapa penyebab yang sering terjadi di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Busi Tidak Cocok dengan Mesin

Penyebab pertama mengapa busi pada motor Anda hitam dan basah adalah kualitasnya tidak sesuai dengan mesin. Selain bahan bakar, busi pada motor juga harus berkualitas agar mesin bisa digunakan dengan maksimal.

Hal ini disebabkan oleh ruang pembakaran membutuhkan api yang besar, dan hanya bisa terpenuhi jika kualitas businya bagus.

Anda harus memilih busi yang memang direkomendasikan untuk jenis motor. Sebaiknya Anda tidak membeli busi yang terbuat dari platinum karena performanya rendah.

Jika ruang pembakaran tidak bisa bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan busi lebih cepat basah dan menghitam. Selain itu, kendaraan Anda juga tidak bisa digunakan.

2. Oli Mesin Rembes

Penyebab busi motor hitam dan basah yang selanjutnya adalah karena oli pada mesin merembes masuk ke ruang pembakaran. Hal ini bisa terjadi karena piston mengalami aus sehingga muncul deposit pembakaran yang berpengaruh pada kondisi busi.

3. Tidak Sesuainya Bahan Bakar dengan Spesifikasi

Penyebab lain mengapa busi motor Anda bisa cepat menghitam adalah karena bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasi. Pada umumnya ada spesifikasi bahan bakar yang harus dipenuhi karena jika tidak maka akan berpengaruh terhadap kondisi busi.

Jangan sampai Anda menggunakan kualitas bahan bakar yang rendah agar semua komponen di dalam kendaraan termasuk busi bisa terjaga dengan baik. Adapun spesifikasi bahan bakar yang sesuai bisa Anda baca di buku panduan bagian kompresi mesin.

4. Filter Udara Kotor

Penyebab berikutnya adalah kotornya bagian filter. Biasanya orang tidak akan menyadari hal ini, padahal sangat penting untuk diketahui. Jika filter motor kotor, maka fungsinya tidak akan bekerja dengan baik. Filter tidak bisa menyaring kotoran sehingga mengalami penumpukan pada motor.

5. Adanya Banyak Campuran Pada Bahan Bakar

Penyebab berikutnya adalah terdapatnya banyak campuran pada bensin Anda. Campuran ini biasanya menumpuk pada bagian elektroda busi sehingga basah dan menghitam. Selain itu, hal ini juga akan membuat bahan bakar Anda menjadi cepat habis.

6. Masalah Pada Setelan Karburator

Penyebab yang terakhir mengapa busi pada motor bisa cepat basah dan menghitam adalah karena adanya masalah di bagian karburator. Hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak bisa memasang setelan karburator dengan benar sehingga tekanan udara di dalam tidak normal.

Cara Mengatasi Busi yang Basah dan Menghitam

Setelah mengetahui apa saja penyebab kerusakan pada busi, berikutnya adalah bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah busi hitam dan basah.

Mengganti Busi dengan yang Baru

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penggantian busi baru pada motor Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan penggantian adalah pilihlah busi dengan kualitas terbaik. Anda bisa membelinya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Melakukan Perapatan Pada Skir Katup

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah merapatkan bagian skir katup. Untuk melakukan hal ini Anda harus membongkar bagian kepala silinder motor atau bisa langsung datang ke bengkel resmi.

Membersihkan Bagian Mesin

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah jika ada banyak air di bagian mesin, Anda bisa membersihkannya. Dengan cara mencari tahu sumber air berasal kemudian bersihkan.

Sumber: https://autoride.co.id/rider-ternyata-ini-penyebab-busi-motor-berwarna-hitam-basah/

NEXT STORIES///

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2021 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.