TIPS///

KabarOto.com - Bukan ban saja yang bisa mengalami kebocoran, busi sepeda motor juga bisa mengalami hal tersebut. Lalu apa dampak jika komponen penting ini mengalami kebocoran?

Asupan kelistrikan menjadi bermasalah, membuat performa kendaraan menjadi turun. "Biasanya ditandai dengan kehilangan tenaga saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi," terang Diko Octaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia.

Karena seharusnya arus listrik dari ignition coil dipercikan ke electrode ground. Diakibatkan bocor jadi percikannya ke isulator luar busi. "Artinya ada asupan kelistrikan yang terbuang," terang Diko beberapa waktu lalu.

Berikut ini 3 penyebab busi bocor dan langkah untuk mengantisipasi. Yang pertama adalah karena tegangan koil terlalu tinggi, sehingga menyebabkan lonjakan listrik menjadi lebih besar.

kedua penyebabnya adalah salah dalam memilih busi dan penutupnya. "Dimensi busi dengan tutup yang tidak cocok, tidak akan bisa menahan percikan listrik," terangnya.

Atau hal lainnya adalah tutup busi sudah rusak, karena bagian ini fungsinya untuk menahan percikan api. "Kalau sudah rusak, api akan keluar dan bocor," papar Diko lagi.

Untuk mengatasi kebocoran ini, harus melakukan pengecekkan koil, pastikan tidak melebihi spesifikasi tegangan kelistrikan yang sudah ditentukan. Kemudian periksa kode tutup busi sesuaikan dengan kode standar. Kondisi busi juga harus diperiksa, masih baik atau sudah pecah juga retak. Jika ada kerusakan harus segera diganti.

Busi yang bocor menurut dia harus segera diantisipasi, agar tidak memberi efek berkepanjangan di kendaraan. Segera bawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan, dan ceritakan keluhan yang dialami motor, kepada mekanik.

Sumber : https://kabaroto.com/post/read/temui-busi-bocor-wajib-curhat-ke-mekanik

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2021 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.