TIPS///

MOTORESTO.ID,JAKARTA–Peran busi sebagai bagian dari sistem pengapian mesin kendaraan konvensional sangat vital. Percikan api hasil campuran antara udara dan bahan bakar telah menghasilkan tenaga yang mampu menggerakkan kendaraan. Karena itu kualitas busi yang dipakai akan mempengaruhi performa dan efisiensi bahhan bakar kendaraan.

Bagi para pemilik kendaraan, penggantian busi pada umumnya diserahkan ke bengkel resmi. Selain tidak merepotkan, juga masyarakat pada umumnya tidak memahami jadwal penggantian busi secara teratur. Meski untuk memahaminya tidaklah sulit karena sudah ada di buku petunjuk kendaraan yang diberikan saat membeli kendaraan bermotor dari diler. “Cara lain bisa cek ke website pabrik kendaraan,” kata Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Selasa (27/12/2022).

Selain itu usia pakai busi untuk sepeda motor lebih singkat dibanding kendaraan roda empat. Karena putaran mesin sepeda motor lebih tinggi dibanding kendaraan roda empat. Selain itu jumlah silinder sepeda motor umumnya lebih sedikit dibanding kendaraan roda empat.

Biasanya usia pakai busi sepeda motor berada di kisaran 6000-10.000 kilometer. Sedangkan kendaraan roda empat di kisaran 20.000 hingga 40.000 kilometer untuk varian nikel. Sedangkan busi jenis iridium untuk sepeda motor bisa mencapai 48.000 kilometer dan kendaraan roda empat di kisaran 100.000 kilometer.

Untuk merawat busi jenis motor biasanya dilakukan secara berkala. Perawatan bisa dilakukan sendiri maupun di bengkel resmi. Perawatan bisa dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi busi.

Biasanya pembersihan dilakukan menggunakan sikat gigi karena bila proses pembersihan menggunakan benda keras seperti amplas atau sikat kawat dikhawatirkan dapat merusak komponen elektroda yang dapat mengganggu sistem pembakaran. Namun bila kerak yang ada di sulit dibersihkan sebaiknya busi dapat segera diganti dengan yang baru.

Pemilihan busi yang sesuai kegunaan akan meningkatkan performa kendaraan. dok motoresto.id

Pabrikan busi seperti NGK terus menghadirkan inovasi di setiap lini produknya. Dalam hal inovasi, setidaknya ada 3 aspek yang membedakan Busi NGK dengan merek lainnya. Yaitu fitur, logam Mulia dan proses manufaktur. Beberapa fitur yang menjadi pembeda antara lain bentuk Ground Electrode, Center Electrode dan pemilihan material Logam Mulia pada tiap produk.

Pada model Ground Electrode, busi NGK memiliki beragam jenis pada seri Precious Metalnya seperti Trapezoid, Tapered, D-Shape dan beragam tipe Ground Electrode lainnya pada model-model khusus di busi Racing Competition dan Laser Series. Sementara itu, pada Center Electrode, digunakan beragam material logam mulia untuk meningkatkan performa dan usia pakai busi.

Dibandingkan kompetitor, dalam penggunaan logam mulia, beberapa varian busi dengan spesifikasi tertinggi seperti Laser Iridium menggunakan teknologi Logam Mulia Ganda pada Ground Electrode dan Center Electrode-nya. Pada busi MotoDX digunakan kombinasi logam mulia Iridium dan Ruthenium pada Center Electrodenya yang dilengkapi dengan bentuk Ground Elektroda “D Shape” sehingga mampu menyempurnakan pembakaran.

Pada proses manufaktur, Busi NGK menggunakan serbuk khusus (Sealing Powder) yang berfungsi sebagai penguat struktur bentuk busi serta menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar. Tak hanya itu, fitur lain yang digunakan pada busi NGK adalah variasi material bahan terutama logam mulia yang mampu menghantarkan listrik dengan baik serta memperpanjang usia pakai busi.

Beberapa  material  logam mulia yang pernah dipakai oleh Busi NGK adalah Platinum, Iridium serta Ruthenium. Pihaknya tidak memilih material AG (Argentum/Silver), karena material tersebut mempunyai titik leleh yang rendah hingga membuat umur pakai busi menjadi lebih cepat habis meskipun memiliki daya hantar listrik yang baik.

Beberapa jenis busi yang dipasaran seperti NGK adalah
a. Nickel – busi pabrikan standar
b. G-Power bahan platinum buat mereka ingin upgrade ekonomis dan ingin meningkatkan performa kendaraan
c. Iridium IX – powerful upgrade busi buat dongkrak fuel ekonomis dan performance
d. Laser iridium naekin durability dan performance
e. MotoDx upgrade premium khusus motor

 

Sumber : https://motoresto.id/tips-merawat-dan-mengenali-jenis-busi-bermutu-sesuai-kebutuhan/

NEXT STORIES///

Jl. Raya Jakarta - Bogor Km 26,6 Jakarta 13740
INDONESIA
+62 21 8710974
marketing@ngkbusi.com

JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Privacy Policy

Copyright © 2024 PT. Niterra Mobility Indonesia. All rights reserved.
Privacy Policy